Pucung, Sewon, Bantul

mqsyogyakarta@gmail.com

MQS Turut Menghadiri Undangan Kunsiroh LP2M PWM DIY di PDM Bantul

MQSNews – Ahad, 19 November 2023 LP2M PWM DIY mengadakan kunjungan silaturahmi ke PDM Kabupaten Bantul. Hadir dalam kesempatan tersebut beberapa perwakilan dari seluruh pesantren Muhammadiyah yang ada di wilayah Kabupaten Bantul yaitu MBS Pleret, MBS Muhiba, Ponpes As-Syifa, Ponpes Abdul Alim, Al-Mansur, MBS Jetis, MBS SMP Muhammadiyah Srandakan, dan MQS Yogyakarta.

Pada acara tersebut, MQS diwakili oleh dua orang yakni Ustadz Imam Syahroni dan Ustadz Hanan Taqiy yang sekaligus menggantikan Mudir yang dalam hal ini berhalangan hadir. Ini menjadi kegiatan kelembagaan pertama yang diikuti oleh MQS sejak resmi berdiri sebagai Muhammadiyah Quran School (MQS) beberapa waktu yang lalu. Ustadz Fatkhurrokhim, selaku Mudir MQS, berharap ini menjadi langkah awal yang positif untuk memperkenalkan MQS dan semoga kehadirannya bisa turut mencerdaskan umat bersama dengan pesantren yang lainnya, khususnya dalam pengembangan pendidikan alquran.

Kunsiroh yang bertempat di Aula Lantai 2 PDM Bantul ini membahas beberapa hal penting mulai dari penjelasan kedudukan lembaga LP2M beserta fungsinya, karakteristik pondok pesantren Muhammadiyah dan berbagai problematika serta tantangannya ke depan, standarisasi pondok pesantren menurut Kemenag, hingga arahan dari LP2M untuk kemajuan pondok pesantren Muhammadiyah di wilayah Kabupaten Bantul.

LP2M berpesan agar pesantren Muhammadiyah dalam pelaksanaannya mengacu pada Risalah Islam Berkemajuan. Pesantren Muhammadiyah juga diharapkan dikelola secara luar biasa dan modern. Jangan sampai namanya saja yang modern, tetapi pengelolaannya masih seperti cara lama sehingga kurang bisa bersaing dengan perkembangan zaman.

Acara silaturahmi dan koordinasi kemudian ditutup dengan foto bersama segenap jajaran LP2 PWM, LP2 PDM Bantul, dan para pimpinan serta pengurus Pondok Pesantren Muhammadiyah se-kabupaten Bantul.

More from the blog